Rabu, 14 Mei 2008

KPK Lirik Pilgub

Pemilihan Gubernur Riau bakal seru. Selain karena kekuatan masing-masing calon yang akan maju, kini Riau diintai KPK. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang berhasil memenjarakan sejumlah pejabat di Indonesia (termasuk di Riau) angkat bicara. Lembaga ini akan memantau aktivitas Pilgub, hingga ada calon terpilih.
Ini baru luar biasa. Jika niat KPK ini betul dilaksanakan, maka akan banyaklah uang rakyat selamat. Sebab, menurut desas-desus ada sejumlah proyek muncul untuk kepentingan Pilgub nanti.
Selain itu, pengawasan dari KPK dalam Pilgub di Riau juga akan berpengaruh kepada masing-masing calon. Jika Pilgub sebelumnya nyaring terdengar isu salah satu calon mendapat sponsor seorang bos judi, kemungkinan kedepan tak ada lagi.
Bagaimanapun, pihak sponsor pasti akan menagih janji calon yang dibantunya (lebih tepat dipinjam) setelah menang. Mulai dari proyek, kemudahan dalam berbagai kebijakan, dan lainnya, termasuk mempermudah urusan bisnis.
Kita lihat saja nanti, apakah KPK serius dan mampu melaksanakan tugasnya? Mudah-mudahan Pilgub bebas dari money politik, sehingga terpilih Gubernur yang ideal, dan sesuai dengan aspirasi masyarakat, bukan karena politik uang. Amin.

Tidak ada komentar: