Senin, 11 Mei 2009

Tergigit Lidah

Tergigit lidah jika diartikan yang sebenarnya; tidak sengaja menggigit lidah. Inipun lidah sendiri. Sedangkan maksud yang tersirat; tidak bisa berbuat karena disebabkan sesuatu hal sehingga melemahkan dan menghilangkan keberanian serta kekuasaan seseorang.
Kenapa hal ini bisa terjadi? Bisa saja karena termakan budi, takut dibongkar rahasia, dan lainnya. Yang sering terjadi disebabkan termakan budi atas pertolongan yang pernah dilakukan orang lain terhadap seseorang. Itulah sebabnya, orang tua sering berpesan; jangan sampai termakan budi, nanti payah.
Contoh tergigit lidah juga sering terlihat dalam kehidupan sehari-hari. Seorang atasan tak berani memberikan hukuman kepada bawahannya, bahkan secara sadar malah selalu membiarkan dan membela yang bersangkutan jika berlaku salah atau bermasalah dengan karyawan lain.
Inilah masalahnya. Jika tergigit lidah, kebenaran tak lagi benar, kesalahan dianggap biasa dan wajar. Jika ini sudah terjadi, maka sama saja dengan budak, tak lagi punya kemerdekaan dalam bertindak.
Budak..... budak.....

Tidak ada komentar: